RENCANA BISNIS
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW)
“D’ CIRO’S TUSASI”
OLEH:
INDRA SOPIANI (PKK/FTK)
ARI SUWANDI (PEND. EKONOMI/FIS)
PRIHATIN PEBRIANA (PEND. EKONOMI/FIS)
SITI HAJAR (PEND. EKONOMI/FIS)
RINA KURNIASARI (PEND. EKONOMI/FIS)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA
2010
Halaman Pengesahan
1. Judul Unit :D’ CIRO’S TUSASI
2. Anggota Pelaksana :
a. Nama Lengkap : Indra Sopiani
b. NIM : 0915011018
c. Tempat/Tanggal Lahir : Dasan Erot, 17 April 1991
d. Alamat : Jl. Ngurah Rai No. 12 Singaraja
e. Fakultas/Jurusan : FTK/PKK
a. Nama Lengkap : Ari Suwandi
b. NIM : 0714011044
c. Tempat/Tanggal Lahir : Bagek Lawang, 22 November 1988
d. Alamat : Jl. Ngurah Rai No. 12 Singaraja
e. Fakultas/Jurusan : FIS/Pendidikan Ekonomi
a. Nama Lengkap : Prihatin Pebriana
b. NIM : 0714011055
c. Tempat/Tanggal Lahir : Tanjung, 24 Februari 1989
d. Alamat : Jl. Pahlawan Gang 3 Banjar Tegal Singaraja
e. Fakultas/Jurusan : FIS/Pendidikan Ekonomi
a. Nama Lengkap : Siti Hajar
b. NIM : 0714011065
c. Tempat/Tanggal Lahir : Suryakarta, 13 Mei 1987
d. Alamat : Jl. Asri XII No.12 Perum Satelit Asri Singaraja
e. Fakultas/Jurusan : FIS/Pendidikan Ekonomi
a. Nama Lengkap : Rina Kurniasari
b. NIM : 0714011053
c. Tempat/Tanggal Lahir : Singaraja, 27 November 1989
d. Alamat : Desa Tukad Mungga gang Ratna no. 2
e. Fakultas/Jurusan : FIS/ Pendidikan Ekonomi
3. Dosen pendamping/Mentor :
a. Nama Lengkap : Drs.Anjuman Zukhri,M.Pd
b. NIP : 195305121980031001
c. Jurusan/Fakultas : Pendidikan Ekonomi/FIS
4. Total Kebutuhan Modal Kerja
a. DIPA UNDIKSHA : Rp. 35.000.000,-
b. Sumber lain : -
5. Jangka Waktu Pelaksanaan :
Singaraja, 21 September 2010
Dosen Pembimbing Pelaksana
Drs.Anjuman Zukhri,M.Pd Indra Sopiani
NIP. 195305121980031001 NIM.0915011018
Mengetahui,
Pembantu Rektor III UNDIKSHA,
Drs. I Putu Sriartha, M.S.
NIP 196212151988031002
I. PENDAHULUAN
1.1. Analisis Situasi
Dunia fashion merupakan dunia yang cukup dinamis, setiap hari pasti selalu ada produk fashion baru. Dan setiap orang pasti ingin selalu berpenampilan menarik dan fashionable, maka mereka akan berusaha memiliki barang-barang yang merupakan product fashion terbaru untuk memenuhi kebutuhan fashionnya.
Bali dikenal dengan daerah wisata yang mengindikasikan pertambahan jumlah penduduk sementara yang berasal dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Hal ini menuntut kesiapan Bali dalam menyediakan sarana dan prasarana penunjang guna memberikan pelayanan optimal kepada para wisatawan.
Singaraja sebagai kota pendidikan, tidak terlepas dari keberadaan kampus-kampus dan sekolah-sekolah yang semakin banyak bermuculan. Hal ini membawa dampak semakin bertambahnya penduduk sementara Singaraja. Peningkatan ini memberikan indikasi bahwa kebutuhan akan fashion juga meningkat.
Kaum remaja merupakan kalangan yang paling cepat terpengaruh dengan perkembangan mode khususnya dunia fashion. Singaraja merupakan salah satu kota di Bali yang penduduknya sebagian besar remaja, hal ini terbukti dengan banyaknya sekolah dan perguruan tinggi.
Kondisi diatas memberikan peluang yang sangat besar untuk perkembangan bisnis dibidang fashion. Untuk itu kami mendirikan D’ CIRO’S TUSASI yang menyediakan tas, sepatu dan sandal kreasi yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat Singaraja akan fashion. Dan usaha ini cukup menjanjikan dan memberikan prospek yang bagus di masa depan.
Kami membuka usaha D’ CIRO’S TUSASI juga mempunyai harapan agar kalangan remaja yang ada di Singaraja dapat terinspirasi untuk berkarya menciptakan inovasi baru. Inovasi baru disini dapat berupa kerajinan tangan atau karya seni rupa. Dalam hal ini sandal dan sepatu kreasi bisa dijadikan contoh untuk berkreasi.
1.2. Profil Bidang Usaha yang Diusulkan
D’ CIRO’S TUSASI ini menjual berbagai macam tas,sepatu, dan sandal kreasi yang tampilannya benar-benar unik dan mampu memberikan style yang menarik kepada konsumen. Hal ini tercermin dari berbagai bentuk produk yang menarik dan unik serta variasi yang sangat beragam. Berbeda dari bentuk tas, sepatu, dan sandal pada umumnya, seperti tas yang terbuat dari sisa-sisa kain yang dikemas dengan sentuhan karya seni yang elegan namun simple membuat orang yang menggunakannya terlihat trendy. Untuk produk sepatu dan sandal akan ditawarkan sepatu dan sandal kreasi seperti sepatu lukis, sandal berbentuk kupu-kupu, lumba-lumba, sandal bermahkota lebah, dan masih banyak lagi variasi lainnya yang tidak kalah menarik. Karena sasaran pasar produk ini adalah kaum remaja, maka tas, sepatu dan sandal kreasi ini memiliki prospek yang bagus di kota Singaraja mengingat kota Singaraja ini merupakan Kota dengan jumlah Penduduk remaja yang cukup tinggi disertai dengan kemampuan ekonomi masyarakat yang cukup mapan. Hal ini tampak pada banyaknya sekolah dan Perguruan Tinggi di kota ini.
II. ASPEK-ASPEK BISNIS
2.1. Aspek Hukum
- Legalitas usaha
Jenis produk yang diperjual-belikan dalam usaha ini termasuk barang bebas, sehingga secara hukum legalitasnya diakui oleh Negara. Oleh karena itu proses pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat yang terjun dalam usaha tersebut.
- Perijinan
Pendirian D’ CIRO’S TUSASI tidak memerlukan perijinan secara birokratif karena skala usahanya masih tergolong kecil, dan produk yang diperjualpun kuantitasnya masih dalam partai kecil.
- Keamanan
Berdasarkan lokasi yang dipilih keamanan terjamin karena dekat dengan pusat kota, perkantoran, sekolah, rumah sakit, dan kampus dan diwarnai keramaian sehingga tindak kriminalitas bisa dihindari.
2.2. Aspek Teknis dan Teknologi
a. Lokasi Usaha
D’ CIRO’S TUSASI ini berlokasi di Jalan Ngurah Rai No. 12 Singaraja
b. Peralatan dan Perlengkapan
· Peralatan
Peralatan yang dibutuhkan oleh D’ CIRO’S TUSASI adalah seperangkat komputer yang akan digunakan untuk pencatatan transaksi jual beli yang dilakukan.
· Perlengkapan
D’ CIRO’S TUSASI memerlukan beberapa perlengkapan untuk memajang dan menyimpan produk. Perlengkapan-perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut.
- Etalase yang berfungsi untuk memajang produk tas kreasi
- Rak sepatu dan sandal untuk memajang produk sepatu dan sandal kreasi
- Lemari yang berfungsi untuk menyimpan stok barang.
c. Proses Produksi Barang
D’ CIRO’S TUSASI ini tidak melakukan proses produksi, karena usaha ini melakukan kerjasama dengan pihak lain. Dalam hal ini D’ CIRO’S TUSASI memesan produk dari daerah luar seperti Jogja, Malang, dan Banyuwangi.
Adapun contoh-contoh produk yang akan dijual di D’ CIRO’S TUSASI adalah sebagai berikut:
Ø Produk sandal kreasi
| |
| |
Ø Produk sepatu kreasi
| |
| |
Produk tas kreasi
| |
| |
d. Kapasitas
D’ CIRO’S TUSASI menyediakan 50 buah tas kreasi, 50 pasang sepatu kreasi dan 50 pasang sandal kreasi untuk penawaran awal dan akan menambah stok jika usaha sudah jalan dan mengalami perkembangan.
D’ CIRO’S TUSASI akan melayani pemesanan barang dari pelanggan jika ingin memesan produk dengan jenis dan bentuk yang diinginkan.
e. Strategi Usaha
D’ CIRO’S TUSASI memiliki dua strategi usaha yaitu penjualan langsung dan delivery order (dalam kota ). Di samping itu kita juga kita memperluas network kita ke siswa-siswi, mahasiswa dan masyrakat umum dengan cara melakukan promosi melalui radio, penyebaran brosur/katalog, pemasangan spanduk dan penjualan online.
Pelayanan prima menjadi salah satu ikon dan strategi usaha yang sangat diutamakan. Di samping itu pelaksanaan visi D’ CIRO’S TUSASI yaitu hemat, trendy, unik, dan bersahabat. Hemat artinya harga terjangkau oleh semua kalangan. trendy artinya selalu mengikuti perkembangan mode. Unik artinya berbeda dengan model-model pada umumnya. Bersahabat artinya pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan prima yaitu senyum, ramah tamah, resposif, kepercayaan, jaminan, empati, kepercayaan dan lain sebagainya.
f. Analisis Lingkungan
· Lingkungan Ekonomi
Kondisi perekonomian di kota Singaraja cukup stabil. Krisis global tidak terlalu mempengaruhi daya beli masyarakat juga tidak mempengaruhi bisnis yang dijalankan karena bisnis ini bergerak di bidang fashion dan masih sangat sederhana. Untuk saat ini D’ CIRO’S TUSASI belum memerlukan modal pinjaman dari bank. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan kualitas terjamin.
· Lingkungan Industri
Usaha ini belum banyak berdiri di kota Singaraja di sisi lain masyarakat singaraja khususnya kaum remaja memiliki jiwa fashionable yang tinggi dan didukung oleh kemampuan atau daya beli yang cukup tinggi sehingga bisnis ini sangat menjanjikan untuk dijalankan. Di samping itu, segmen pasar dan produk yang kami jual memiliki keunikan dan perbedaan dari produk yang telah ada di kota Singaraja.
2.3. Aspek Pemasaran
a. Jenis Produk (barang/jasa) yang Ditawarkan
D’ CIRO’S TUSASI ini menjual berbagai macam tas, sepatu dan sandal kreasi yang tampilannya benar-benar unik dan mampu memberikan style yang menarik kepada konsumen. Adapun jenis-jenisnya sebagai berikut: tas yang terbuat dari sisa-sisa kain yang dikemas dengan sentuhan karya seni yang elegan namun simple membuat orang yang menggunakannya terlihat trendy. Untuk produk sepatu dan sandal akan ditawarkan sepatu dan sandal kreasi seperti sepatu lukis, sandal berbentuk kupu-kupu, lumba-lumba, sandal bermahkota lebah, dan masih banyak lagi variasi lainnya yang tidak kalah menarik.
b. Kegunaan Produk yang Digunakan
Barang yang ditawarkan berupa produk tas, sepatu, dan sandal kreasi sehingga kegunaannya adalah sebagai alat pemuas kebutuhan fashion masyarakat.
c. Target Konsumen
Target konsumen yang disasar yaitu: kalangan mahasiswa, pelajar SMA, SMP, SD,dan kalangan masyarakat umum.
d. Peta Persaingan
Jumlah pedagang tas, sepatu dan sandal kreasi di Singaraja tidak banyak, sehingga produk ini memiliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan..
e. Potensi Pemasaran
Teknik pemasaran yang digunakan adalah mix marketing dimana ada kombinasi .antara keunggulan produk yang berbeda, harga yang murah dan terjangkau, kegiatan promosi yang meliputi pemberian bonus kepada pelanggan berupa diskon apabila melakukan pembelian lebih dari 5 produk, dan sistem distribusinya juga menggunakan delivery order (dalam kota).
f. Rencana Jumlah dan Harga Produk
Pada bulan pertama direncanakan jumlah produk yang ditawarkan adalah 50 buah tas kreasi dengan harga mulai dari Rp 25.000,00, 50 pasang sepatu kreasi dengan harga mulai dari Rp 50.000,00, dan 50 pasang sandal kreasi dengan harga mulai dari Rp 20.000,00.
2.4. Aspek Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Mary Parker Follet, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Adapun aspek-aspek manajemen yang perlu dijabarkan, sebagai berikut:
a. Bentuk Usaha
Bentuk usaha yang kami laksanakan adalah usaha dagang, yaitu berupa toko tas, sepatu dan sandal kreasi yang bernama “D’ CIRO’S TUSASI”, nama ini terinspirasi dari nama suatu tempat di daerah Lombok Timur (ciro’s villa) yaitu suatu tempat yang begitu indah yang membuat siapa saja ingin berkunjung kembali ke tempat itu. Jenis produk yang ditawarkan ialah kekhasan, keunikan dan tampilan, serta variasi yang diutamakan dalam pelayanan yang akan diberikan oleh “D’ CIRO’S TUSASI” kepada para konsumen/pelanggan.
“D’ CIRO’S TUSASI” ini merupakan sektor usaha yang bergerak pada bidang dagang. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), maka “D’ CIRO’S TUSASI” merupakan sektor usaha yang berskala mikro dengan modal awal sebesar Rp. 35.000.000,-.
b. Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang digunakan oleh “D’ CIRO’S TUSASI” yaitu organisasi lini (Line Organization), ialah suatu bentuk organisasi dimana kepala eksekutif (chief executive) dipandang sebagai sumber wewenang tunggal, segala keputusan/kebijaksanaan dan tanggung jawab ada pada pimpinan (Direktur).
Adapun bagan organisasinya, yaitu:
|
|
|
c. Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang digunakan di “D’ CIRO’S TUSASI” terdiri dari anggota kelompok. Karena “D’ CIRO’S TUSASI” masih dalam usaha yang berskala kecil. Namun dalam perkembangan selanjutnya, “D’ CIRO’S TUSASI” akan merekrut tenaga kerja sebanyak satu sampai dua orang dibagian penjualan.
2.5. Aspek Ekonomi dan Keuangan
a. Aspek Ekonomi
Secara Universal perekonomian nasional saat ini dalam keadaan stabil, salah satu indikatornya adalah apabila terjadi kenaikan harga barang maka akan diikuti dengan kebijakan pemerintah berupa pemberian subsidi, misalnya bantuan langsung tunai sehingga daya beli masyarakat tetap kuat. Dengan demkian pendirian usaha “D’ CIRO’S TUSASI” ini tidak akan membebani perekonomian nasional, namun diharapkan mampu menguntungkan sistem perekonomian nasional disebabkan pendirian jenis usaha ini syarat dengan manfaat yang ditawarkan kepada kepada masyarakat secara umum, misalnya pemberdayaan SDM owner dengan terjun langsung sebagai pelaku utama dalam kegiatan usaha ekonomi mikro, dan apabila dalam perkembangan selanjutnya menjual produk dalam skala besar maka akan membantu pengrajin tas, sepatu dan sandal kreasi dalam memasarkan produk dengan memesan produk dalam partai besar, menciptakan pasar baru, penyedia tenaga kerja, dan upaya pemberian pelayanan prima kepada pelanggan.
b. Aspek Keuangan
a. Perkiraan Pendapatan
Pendapatan diproyeksikan dari perkiraan jumlah barang yang ditawarkan dikalikan dengan harga barang yang ditawarkan. Perkiraan jumlah pelanggan “D’ CIRO’S TUSASI” berdasarkan analisis market Share (peta pelanggan yang diperkirakan bisa dikuasai) adalah 5 orang per hari dari masing-masing produk, dan pada waktu tertentu “D’ CIRO’S TUSASI” juga menerima order sesuai dengan pesanan.
Harga rata-rata yang ditawarkan “D’ CIRO’S TUSASI” adalah sesuai dengan perhitungan harga pokok penjulan dan disesuaikan dengan harga pasar untuk mempermudah memasuki lini persaingan yaitu dengan menjual produk mulai dari harga Rp. 25.000,- untuk produk tas, untuk sandal kreasi Rp. 20.000,- dan untuk sepatu Rp 50.000,-
Sehingga dalam sehari diperoleh pendapatan = (5 x Rp. 25.000,-) + (5 x Rp.20.000,-) + (5 x Rp.50.000) = Rp. 125.000 + Rp. 100.000,00 + Rp.250.000 = Rp. 475.000,-/hari = Rp. 14.250.000/bulan = Rp. 171.000.000,-/tahun.
Proyeksi pendapatan diatas belum dikurangi dengan biaya-biaya.
b. Perkiraan Biaya
Biaya- biaya yang dikeluarkan terdiri dari biaya operasional yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan, dan biaya penjualan. Biaya admisistrasi dan umum yang terdiri dari biaya gaji, biaya perlengkapan, Biaya peralatan, Biaya sewa tempat, biaya penyusutan peralatan, biaya iklan, dan biaya lainnya yang relevan.
Adapun Rincian biayanya sebagai berikut:
(Dalam Rupiah)
Keterangan | Jumlah |
Biaya angkut pembelian | 2.000.000 |
Pembelian barang dagangan | 12.000.000 |
Biaya Gaji | 6.000.000 |
Biaya perlengkapan | 5.500.000 |
Biaya Peralatan | 5.000.000 |
Biaya pemasaran dan promosi | 500.000 |
Biaya sewa tempat | 4.000.000 |
Total | 35.000.000 |
Rincian Perlengkapan yang dibutuhkan berikut harganya:
(Dalam Rupiah)
Perlengkapan | Harga |
Etalase | 2.500.000 |
Almari alumunium | 2.000.000 |
Rak sepatu sandal | 1.000.000 |
Total | 5.500.0000 |
c. Kebutuhan Dana
Kebutuhan dana yaitu berbagai biaya yang harus dibayar sebelum memperoleh pemasukan dari hasil penjualan. Kebutuhan dana untuk pendirian D’ CIRO’S TUSASI ini adalah sesuai dengan proyeksi anggaran di atas yaitu Rp. 35.000.000,-
d. Alternatif Sumber Dana
Alternatif lain sumber dana berasal dari owner dan apabila usaha ini berkembang pesat diperkirakan akan mengajukan permohonan kredit pada Bank untuk menambah modal.
e. Analisa Keuangan
- Nilai investasi usaha D’ CIRO’S TUSASI Rp. 35.000.000,-
- Cash Flow Projection
Tahun | Cash Flow (Rp) |
2010 | 12.000.000 |
2011 | 12.000.000 |
2012 | 15.000.000 |
2013 | 16.000.000 |
2014 | 19.000.000 |
- Profit Lost Proforma
Uraian | Tahun | ||||
2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 | |
Pendapatan | 144.000.000 | 146.000.000 | 150.000.000 | 152.000.000 | 155.000.000 |
Biaya Operasi | 132.000.000 | 134.000.000 | 135.000.000 | 136.000.000 | 136.000.000 |
Penyusustan | 3.000.000 | 3.000.000 | 3.000.000 | 3.000.000 | 3.000.000 |
Laba Bersih | 9.000.000 | 9.000.000 | 12.000.000 | 13.000.000 | 16.000.000 |
- Payback Period analysis
No | Tahun Uraian | 2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 |
1 | Pendapatan | 9.000.000 | 9.000.000 | 12.000.000 | 13.000.000 | 16.000.000 |
2 | Penyusustan | 3.000.000 | 3.000.000 | 3.000.000 | 3.000.000 | 3.000.000 |
3 | Cash Flow | 12.000.000 | 12.000.000 | 15.000.000 | 16.000.000 | 19.000.000 |
4 | Investasi | (35.000.000) | | | | |
5 | Payback Period | (23.000.000) | (11.000.000) | 4.000.000 | 16.000.000 | 19.000.000 |
Catatan:
- Penghitungan Depresiasi terhadap aktiva tetap berupa peralatan dilakukan dengan metode garis lurus. Berikut rinciannya:
Depresiasi = Harga perolehan – Harga sisa/ Takiran Umur
= Rp. 5.000.000,00 – Rp. 1.000.000,00/10
= Rp. 400.000,00 tiap tahun.
- Penghitungan Biaya Operasi diperoleh dari akumulasi antara biaya- biaya yang disebutkan diatas dikurangi dengan biaya gaji dan biaya peralatan kemudian dikalikan dengan 12 bulan.
II. Penutup
Peluang untuk keberhasilan “D’ CIRO’S TUSASI”, sangatlah besar. Hal ini seiring dengan kebutuhan manusia yang selalu memperhatikan penampilan sebagai kebutuhan jasmaniahnya. Apalagi pertumbuhan penduduk di Kota Singaraja yang dari tahun ke tahun meningkat, disertai peningkatan perkembangan teknologi yang membantu menyebarkan informasi sekaligus mempengaruhi konsumen membuat peluang D’ CIRO’S TUSASI mendapat tempat dalam menjalankan usahanya.
Lokasi D’ CIRO’S TUSASI yang bertempat dipinggir jalan Ngurah Rai (jalan utama Kota Singaraja). Hal ini akan memudahkan para konsumen untuk menjangkaunya. Keunikan dan kekhasan produk yang ditawarkan oleh D’ CIRO’S TUSASI dengan harga yang relatif murah, menyakinkan kami untuk keberhasilan usaha ini.
Keterbatasan dalam usaha ini adalah tenaga kerja yang masih menempuh studi, sehingga usaha ini tidak dapat dijalankan secara optimal. Namun, hal itu bisa diatasi dengan suatu perencanaan dan manajemen usaha yang matang dan tepat.
Demikianlah rancangan bisnis wirausaha kami, semoga dapat menjadi acuan pertimbangan bapak/ibu untuk menerima rancangan ini. Kami ucapkan terimakasih kepada bapak/ibu yang telah membimbing kami selama ini.
Lampiran-Lampiran
Biodata Pengusul
Biodata Ketua :
a. Nama Lengkap : Indra Sopiani
b. NIM : 0915011018
c. Tempat/Tanggal Lahir : Dasan Erot, 17 April 1991
d. Alamat : Jl. Ngurah Rai 12 Singaraja
e. Fakultas/Jurusan : FTK/PKK
f. Universitas : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
g. Motto : Kegagalan awal dari kesuksesan
Biodata Anggota :
Anggota 1
a. Nama Lengkap : Ari Suwandi
b. NIM : 0714011044
c. Tempat/Tanggal Lahir : Bagek Lawang, 22 November 1988
d. Alamat : Jl. Ngurah Rai 12 Singaraja
e. Fakultas/Jurusan : FIS/Pendidikan Ekonomi
f. Universitas : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
g. Motto : Jangan pernah takut mencoba
Anggota 2
a. Nama Lengkap : Prihatin Pebriana
b. NIM : 0714011055
c. Tempat/Tanggal Lahir : Tanjung, 24 Februari 1989
d. Alamat : Jl. Pahlawan Gang 3 Banjar Tegal Singaraja
e. Fakultas/Jurusan : FIS/Pendidikan Ekonomi
f. Universitas : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
g. Motto : Yakin dengan usaha, berharap lewat do’a
Anggota 3
a. Nama Lengkap : Siti Hajar
b. NIM : 0714011065
c. Tempat/Tanggal Lahir : Suryakarta, 13 Mei 1987
d. Alamat : Jalan Asri XII no.2 Perum Satelit Asri Singaraja
e. Fakultas/Jurusan : FIS/Pendidikan Ekonomi
f. Universitas : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
g. Motto : Jalani Hidup Dengan Perjuangan
Anggota 4
a. Nama Lengkap : Rina Kurniasari
b. NIM : 0714011053
c. Tempat/Tanggal Lahir : Singaraja, 27 November 1989
d. Alamat : Desa Tukad Mungga gang Ratna no. 2
e. Fakultas/Jurusan : FIS/ Pendidikan Ekonomi
f. Universitas : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
g. Motto : Hari esok harus lebih baik dari hari ini
CONTOH PRODUK YANG AKAN DIJUAL OLEH D’ CIRO’S TUSASI
| |
| |
| |
| |
| |
Nomor : 05/Sandal Kreatif/Pen/VIII/2010
Lampiran : -
Perihal : Penawaran Kerjasama
Kepada
Yth Sdr. Siti Hajar
Di Tempat
Dengan hormat,
Sehubungan dengan isi komentar yang kami terima dari Sdr. Siti Hajar perihal permohonan katalog, maka dengan ini kami beritahukan sekalian tentang tata cara bergabung dengan SANDAL KREATIF OLIVIA PRODUCTION sebagai Reseller adalah sebagai berikut :
1. Model kami ada 2 jenis bahan yang berbeda
a. Sandal Kreatif (Bisa ada nama/pesan sesuai pembeli)
b. Sandal Dj Boom
2. Minimal pembelian 24 Pasang untuk yang Dj BOOM dan untuk yang sandal Kreatif minimal 12 Pasang.
3. Ketentuan Harga untuk Reseller untuk sandal Dj:
Ada 2 harga yang di catalog 25 dan 35
a. Harga Rp. 25.000 untuk reseller Rp. 22.000/pasang
b. Harga Rp. 35.000 untuk reseller Rp. 32.000/pasang
4. Ketentuan Harga untuk Reseller untuk sandal Dj Boom:
c. Size : 26 dan 30, dengan harga Rp. 18.000/pasang
d. Size : 34 dengan harga Rp. 20.000/pasang
e. Size : 38,40,42 dengan harga Rp. 22.000/pasang
5. Bapak bebas menentukan ekspedisi pengiriman ke tempat Bapak.
6. Semua ongkos kirim ditanggung pembeli.
7. Kami Juga Memberikan Pesan Sample dengan harga Rp. 100.000 dapat 4 Pasang sandal sementara khusus sandal kreatif. Bila ingin yang Dj Boom Juga bisa minim 12 Pasang. Pilih model yang ada d catalog waktu 1 minggu untuk pembuatan. Uang kami terima sandal langsung kami buat sesuai permintaan. Biaya permintaan ditanggung kami.
8. Bila bapak ingin memasukan ke took-toko di sekitar bapak saya sarankan untuk meliat sample terlebih dahulu.
Demikian surat penawaran dari kami, dengan harapan semoga terjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih dan Selamat bergabung.
Lampiran : -
Perihal : Penawaran Kerjasama
Kepada
Yth Sdr. Siti Hajar
Di Tempat
Dengan hormat,
Sehubungan dengan isi komentar yang kami terima dari Sdr. Siti Hajar perihal permohonan katalog, maka dengan ini kami beritahukan sekalian tentang tata cara bergabung dengan SANDAL KREATIF OLIVIA PRODUCTION sebagai Reseller adalah sebagai berikut :
1. Model kami ada 2 jenis bahan yang berbeda
a. Sandal Kreatif (Bisa ada nama/pesan sesuai pembeli)
b. Sandal Dj Boom
2. Minimal pembelian 24 Pasang untuk yang Dj BOOM dan untuk yang sandal Kreatif minimal 12 Pasang.
3. Ketentuan Harga untuk Reseller untuk sandal Dj:
Ada 2 harga yang di catalog 25 dan 35
a. Harga Rp. 25.000 untuk reseller Rp. 22.000/pasang
b. Harga Rp. 35.000 untuk reseller Rp. 32.000/pasang
4. Ketentuan Harga untuk Reseller untuk sandal Dj Boom:
c. Size : 26 dan 30, dengan harga Rp. 18.000/pasang
d. Size : 34 dengan harga Rp. 20.000/pasang
e. Size : 38,40,42 dengan harga Rp. 22.000/pasang
5. Bapak bebas menentukan ekspedisi pengiriman ke tempat Bapak.
6. Semua ongkos kirim ditanggung pembeli.
7. Kami Juga Memberikan Pesan Sample dengan harga Rp. 100.000 dapat 4 Pasang sandal sementara khusus sandal kreatif. Bila ingin yang Dj Boom Juga bisa minim 12 Pasang. Pilih model yang ada d catalog waktu 1 minggu untuk pembuatan. Uang kami terima sandal langsung kami buat sesuai permintaan. Biaya permintaan ditanggung kami.
8. Bila bapak ingin memasukan ke took-toko di sekitar bapak saya sarankan untuk meliat sample terlebih dahulu.
Demikian surat penawaran dari kami, dengan harapan semoga terjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih dan Selamat bergabung.
Yogyakarta, 21 September 2010
Pihak Management,
Danang Apriadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar