Jumat, 31 Desember 2010

latar belakang makalah manajemen keuangan


BAB I
PENDAHULUAN

I.1 LATAR BELAKANG MASALAH
            Masalah persediaan mendapat tempat yang penting dalam mata kuliah manajemen keuangan atau pembelanjaan karena termasuk salah satu unsur modal kerja. Dengan demikian, apabila manajemen produksi dapat menetapkan berapa jumlah bahan baku yang dipesan, dan kapan melakukan pesanan, maka informasi tersebut sangat berguna bagi manajemen keuangan untuk menetapkan berapa jumlah uang yang perlu disediakan untuk pembelian bahan baku tersebut dan kapan perlu disediakan dana itu.
Persediaan dan piutang dagang merupakan dua elemen terbesar dalam aktiva lancar perusahaan. Secara bersama – sama kedua jenis aktiva ini mencakup hampir 80% dari nialai aktiva lancar dan lebih dari 30% dari total aktiva pada industri pabrikase ( data di amerika serikat pada tahun 1982).
Sementara rumitnya model – model dalam pengambilan keputusan persedian mungkin lebih sesuai bila dibahas dalam manajemen operasi, tetapi para menejer keuangan seharusnya juga berkepentingan pada masalah persedian sebagai satu bagian keseluruhan siklus arus kas, manajer keuangan harus memahami pola berpikir yang ada pada model pengendalian persediaan, yang menjadi salah satu model matematis yang paling banyak digunakan di dunia uasaha, dan yang bisa diterapkan secara lebih umum selain pada masalah persediaan.
Sehingga pokok bahasan mengenai pengendalian investasi pada persedian sangat penting untuk dibahas. Sebab berbagai model persediaan yang dikembangkan sebagai alat bantu dalam proses pengendalian ini telah terbukti sangat bermanfaat dalam meminimisasi biaya – biaya persediaan.




I.2 RUMUSAN MASALAH
1.2.1.                  Apa pengertian, jenis – jenis dan perputaran dari persediaan?
1.2.2.                  Apa yang dimaksud persediaan bahan mentah ( row material inventory) dan persedian barang jadi ( Finished Goods inventory) ?
1.2.3.                  Bagaimana hubungan skedul aliran kas dengan skedul penerimaan bahan mentah dan pengiriman barang jadi ?
1.2.4.                  Apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi besarnya persediaan ?

I.3 TUJUAN PEMBAHASAN
1.3.1.                  Dapat mengetahui pengertian, jenis – jenis dan perputaran dari persediaan.
1.3.2.                  Mengetahui persediaan bahan mentah ( row material inventory) dan persedian barang jadi ( Finished Goods inventory).
1.3.3.                Mengetahui hubungan skedul aliran kas dengan skedul penerimaan bahan mentah dan pengiriman barang jadi .
1.3.4.                  Mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi besarnya persediaan .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar